
SMP Al-Siddiq International School terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pembinaan karakter siswa melalui berbagai kegiatan yang inovatif. Salah satu program yang dijalankan secara rutin setiap Rabu pagi adalah kegiatan Profiling Siswa. Program ini bertujuan untuk memantau perkembangan akademik, sosial, dan emosional setiap siswa, serta membantu mereka dalam mengembangkan potensi diri secara optimal.
Kegiatan Profiling Siswa dilaksanakan dengan melibatkan wali kelas, guru pelajaran dan guru bimbingan konseling yang berinteraksi secara langsung dengan para siswa. Setiap guru mendapatkan kesempatan untuk berbagi pengalaman, menyampaikan tantangan yang dihadapi, dan mendiskusikan strategi untuk meningkatkan prestasi belajar maupun pengembangan kepribadian siswa.
Dalam sesi ini, guru tidak hanya menilai aspek akademik, tetapi juga mengidentifikasi minat, bakat, dan kebutuhan khusus siswa, sehingga dapat memberikan arahan yang lebih tepat. Selain itu, siswa juga diajak untuk merefleksikan perilaku dan pencapaian mereka, sehingga mereka lebih sadar akan potensi dan area yang perlu diperbaiki.
Program Profiling Siswa ini juga merupakan bagian dari Learning Community atau komunitas belajar di SMP Al-Siddiq International School. Dalam komunitas ini, setiap guru berperan aktif dalam saling mendukung proses belajar yang lebih personal dan efektif. Setiap pertemuan yang dilakukan pada kegiatan Profiling dicatat secara rinci, baik dari aspek perkembangan akademik, minat siswa, hingga rekomendasi untuk peningkatan ke depan. Hal ini bertujuan agar perkembangan setiap siswa dapat dipantau secara konsisten dan berkesinambungan.
Hasil dari kegiatan Profiling Siswa ini kemudian dirangkum dalam bentuk laporan yang disampaikan kepada pihak sekolah dan orang tua. Laporan tersebut mencakup penilaian komprehensif tentang kekuatan, tantangan, serta strategi yang diusulkan untuk memaksimalkan potensi siswa. Dengan pendekatan ini, sekolah berharap dapat menciptakan lingkungan belajar yang adaptif dan mendukung keberhasilan siswa baik di bidang akademik maupun pengembangan karakter.
By : Bagus Asri Wibawa, B.A.,LL.B