Al Siddiq International School

PERMAINAN DINOSAURUS DALAM PEMBELAJARAN ICT

Pada Selasa, 14 Januari 2025, peserta didik TK Al Siddiq International School melakukan pembelajaran ICT (Information and Communication Technology) yang menyenangkan melalui game dinosaurus dan burung. Kegiatan ini berlangsung di laboratorium komputer yang terletak di lantai 2 Al Siddiq International School. Tujuan utama dari kegiatan ini adalah untuk melatih keterampilan dasar dalam menggunakan tombol keyboard, khususnya space bar, yang sangat penting dalam mengoperasikan berbagai aplikasi komputer. Dalam kegiatan ini, pertama kali anak-anak menghidupkan komputer dengan menekan tombol daya pada CPU, sebelum akhirnya dimulai sesi bermain game dinosaurus yang sederhana namun mengasah keterampilan motorik dan kognitif mereka.
Peserta didik yang terlibat dalam kegiatan ini adalah anak-anak dari TK Al Siddiq International School, yang mendapatkan kesempatan untuk belajar menggunakan komputer dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Setelah guru membuka game dinosaurus dan burung, anak-anak diberi tugas untuk menekan space bar guna menjalankan game tersebut. Kegiatan ini bertujuan agar anak-anak terbiasa dengan penggunaan tombol keyboard, khususnya space bar, sambil mengasah koordinasi tangan dan mata mereka. Melalui pendekatan ini, diharapkan peserta didik dapat membangun kepercayaan diri dan keterampilan dasar dalam penggunaan teknologi sejak dini. Pembelajaran ICT di tingkat TK diatur dengan durasi terbatas, yaitu 30 menit per minggu, sehingga dapat dipastikan tidak mengganggu kesehatan mata dan kemampuan konsentrasi anak.
By : Inka Amalia, S.Pd

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *