
Sebagai bagian dari upaya menumbuhkan kebiasaan berbahasa sejak dini, SD Al Siddiq International menyelenggarakan kegiatan One Month Language Habituation bagi siswa kelas 1. Kegiatan ini dilaksanakan selama satu bulan penuh sejak awal Tahun Ajaran 2025/2026 dengan tujuan membiasakan siswa menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Arab dalam kegiatan sehari-hari di lingkungan sekolah.
Kegiatan habituasi ini menjadi bagian dari program penyambutan siswa baru yang tidak hanya fokus pada adaptasi lingkungan, tetapi juga penguatan karakter dan pembiasaan penggunaan bahasa asing. Dalam pelaksanaannya, siswa diajak untuk menggunakan ungkapan-ungkapan sederhana dalam bahasa Inggris dan Arab, seperti sapaan, perkenalan diri, serta kalimat-kalimat yang sering digunakan di kelas dan saat berinteraksi dengan guru maupun teman.
Beberapa aktivitas yang dilakukan dalam program ini antara lain:
• Morning Greeting Practice: Siswa menyambut guru dan teman-temannya dengan sapaan dalam bahasa Inggris dan Arab.
• Language Corner: Setiap hari, siswa belajar kosakata baru yang ditempelkan di sudut kelas.
• Language Games & Songs: Belajar bahasa melalui lagu, permainan interaktif, dan aktivitas kelompok.
• Story Time: Guru membacakan cerita sederhana dalam bahasa Inggris dan Arab untuk memperkenalkan struktur kalimat secara natural.
Guru kelas dan guru bahasa bekerjasama untuk membimbing siswa agar terbiasa menggunakan kedua bahasa tersebut secara aktif dan menyenangkan. Dengan metode yang komunikatif dan berbasis pengalaman, siswa diajak untuk percaya diri dalam berbicara serta membangun rasa cinta terhadap bahasa asing.
“Anak-anak kelas 1 berada pada masa emas perkembangan bahasa. Program ini membantu mereka menyerap kosakata baru dengan lebih cepat dan natural,” ujar salah satu guru kelas 1B, Ms. Fitri Ariyani, M.Pd.
Kegiatan One Month Language Habituation diharapkan menjadi langkah awal untuk membangun fondasi kemampuan berbahasa yang kuat, serta menjadi bekal bagi siswa dalam proses belajar di SD Al Siddiq International yang mengusung pembelajaran berbasis trilingual: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab.
By: Yundara Ulfa Priatna, M.Pd.