Al Siddiq International School

ASESMEN PELAJARAN BAHASA ARAB

Pada hari Selasa, 10 Juni 2025, siswa dan siswi TK Al Siddiq International School mengikuti kegiatan asesmen pelajaran Bahasa Arab yang dilaksanakan di dalam kelas. Asesmen ini merupakan bagian dari evaluasi pembelajaran untuk menilai sejauh mana pemahaman anak-anak terhadap materi yang telah dipelajari selama satu semester, khususnya tema cuaca, musim, dan hewan dalam Bahasa Arab.
Tujuan dari asesmen Bahasa Arab ini adalah untuk mengukur kemampuan dasar anak-anak dalam memahami dan menyebutkan kosakata sederhana dalam bahasa Arab. Dengan mempelajari tema seperti cuaca, musim, dan hewan, anak-anak diajak untuk mengenal lingkungan sekitar melalui bahasa asing, sehingga mereka tidak hanya belajar berbahasa, tetapi juga memahami konsep-konsep dasar yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Pembelajaran tema ini juga bertujuan untuk melatih ingatan, kemampuan menyimak, dan keterampilan berbicara anak usia dini.
Pelaksanaan asesmen diawali dengan kegiatan review oleh guru Bahasa Arab. Guru mengulang kembali kosakata dan kalimat sederhana yang telah diajarkan, sebagai bentuk pemanasan dan pengingat materi sebelum asesmen dimulai. Setelah itu, anak-anak dipanggil satu per satu untuk melakukan sesi tanya jawab secara lisan dengan guru, yang mencakup penyebutan kata, pemahaman gambar, atau menjawab pertanyaan sederhana terkait tema yang telah dipelajari.
Sementara proses tanya jawab berlangsung, anak-anak lain yang menunggu giliran diarahkan oleh wali kelas untuk mengerjakan worksheet yang terdapat di buku latihan mereka. Kegiatan ini bertujuan agar anak-anak tetap fokus dan aktif dalam suasana belajar, serta memberikan suasana yang tenang dan tertib selama asesmen berlangsung. Worksheet berisi latihan-latihan penguatan materi sebagai pelengkap asesmen lisan.
Kegiatan asesmen Bahasa Arab hari itu berlangsung dengan tertib, lancar, dan penuh antusiasme dari para siswa. Anak-anak tampak percaya diri menjawab pertanyaan guru, meskipun masih terbata-bata dalam pengucapan. Melalui kegiatan ini, guru mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai kemampuan individu setiap anak, sekaligus menjadi bahan evaluasi untuk peningkatan pembelajaran ke depan. Diharapkan kegiatan seperti ini dapat terus mendukung pembentukan dasar keterampilan bahasa asing sejak usia dini.
By Inka Amalia, S.Pd

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *