
Pembelajaran Sport atau Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di Sekolah Dasar memiliki peran penting dalam mendukung pertumbuhan fisik dan mental siswa. Salah satu materi yang diajarkan dalam mata pembelajaran Sport adalah renang, yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan siswa.
Tujuan dari kegiatan renang diantaranya mengembangkan keterampilan dasar dalam air, meningkatkan rasa percaya diri dan keberanian, menumbuhkan kesadaran akan pentingnya keselamatan di air dan mendorong gaya hidup aktif dan sehat sejak dini. Sebelum pelaksanaan, siswa diberikan pemahaman mengenai etika di kolam renang dan pentingnya pemanasan untuk menghindari cedera
Kegiatan renang dilaksanakan di kolam renang yang aman dan sesuai untuk anak-anak. Guru mata pelajaran Sport, Ms Sepvita Indrawati, S.Or., memulai dengan pengenalan air, latihan pernapasan, dan gerakan dasar seperti mengayuh tangan dan kaki, mengapung dan teknik dasar gaya dada atau gaya bebas.
Ms Vita menyampaikan pendapatnya mengenai kegiatan ini. “Kegiatan berenang kali ini merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan dan berkesan. Saya melihat antusiasme, semangat belajar, dan kebersamaan yang luar biasa dari para siswa. Mereka tidak hanya belajar teknik berenang, tetapi juga membangun rasa percaya diri, keberanian, dan sportivitas. Momen ini menjadi bukti bahwa pembelajaran di luar kelas bisa sangat efektif dan membekas. Saya berharap kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi semuanya untuk terus aktif bergerak dan menjaga kesehatan tubuh. Jangan takut mencoba hal baru dan teruslah berlatih. Ingat, olahraga bukan hanya soal fisik, tetapi juga tentang disiplin, kerja sama, dan mental yang kuat. Terus semangat, jaga keselamatan saat berenang, dan jadikan olahraga bagian dari gaya hidup kalian.”.
Kegiatan renang dalam mata pelajaran Sport merupakan bagian penting dari pendidikan anak. Dengan pendekatan yang tepat, kegiatan ini dapat membantu siswa menjadi lebih sehat, percaya diri, dan keberanian siswa-siswi SD Al Siddiq International.
By Yundara Ulfa Priatna, M.Pd.